Selasa, 12 Oktober 2010

Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Saat Ini


BAB I Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Saat Ini
Pengertian
            Sistem Informasi Manajemen(SIM) adalah Studi tentang Sistem Informasi yang berfokus pada penggunaannya dalam bisnis dan manajemen.
                  Sistem Informasi Manajemen adalah sekumpulan kompenen yang saling berhubungan, mengumpulkan atau mendapatkan, memproses, meyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi dan membantu manajer menganilisis permasalahan.

Kegiatan dalam sistem informasi :
·        Input adalah merekam /mengumpulkan data mentah dari dalam atau luar organisasi.
·        Proses adalah mengubah data input mentah menjadi bentuk yang berarti.
·        Output adalah mengirimkan informasi yang telah diproses ke orang-orang yang menggunakan informasi.

A.      Menjelaskan alasan mengapa sistem informasi sangat penting dalam bisnis saat ini.
Sistem informasi merupakan dasar bagi jalannya bisnis saat ini. Di banyak industri, kelangsungan hidup perusahaan sangatlah sulit tanpa penggunaan luas dari teknologi informasi. Sistem informasi menjadi sangat penting dalam membantu jalannya perusahaan dalam ekonomi global. Organisasi mencoba untuk menjadi lebih kompetitif dan efisien dengan mengubah dirinya menjadi perusahaan digital yang menggunakan teknologi digital dalam hal proses bisnis inti, hubungan pelanggan, pemasok, dan karyawan. Bisnis saat ini menggunakan sistem informasi untuk mencapai tujuan utama organisasi: keunggulan operasional, produk baru, pelayanan dan model bisnis, hubungan pelanggan-pemasok, meningkatkan proses pengambilan keputusan, keunggulan kompetitif dan kelangsungan hidup dari hari ke hari.

B.      Mendefinisikan sistem informasi dari perspektif teknis dan bisnis.
Dari perpektif teknis, sebuah sistem informasi mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarkan informasi dari lingkungan organisasi dan operasi internal untuk menunjang fungsi organisasi dan pengambilan keputusan, komunikasi, koordinasi, pengawasan, analisis, dan penggambaran. Sistem informasi mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna melalui tiga kegiatan dasar: input, proses dan output. Dari perspektif bisnis, sistem informasi memberikan solusi atas permasalahan atau tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan memberikan nilai ekonomis nyata bagi perusahaan.
C.      Mengidentifikasikan dan menjelaskan tiga dimensi sistem informasi.
            Sistem informasi merupakan kombinasi dari elemen manajemen, organisasi, dan teknologi. Aspek manajemen sistem informasi meliputi kepemimpinan, strategi, dan prilaku manajemen. Aspek teknologi terdiri atas peranti keras, peranti lunak komputer, teknologi manajemen data dan teknologi jaringan/telekomunikasi (termasuk Internet). Aspek organisasi dari sistem informasi melibatkan hierarki organisasi, keahlian fungsional, proses bisnis, budaya, dan kelompok politis.
D.     Mengevaluasi aset-aset komplementer yang dibutuhkan bagi teknologi informasi agar dapat memberikan nilai bagi bisnis.
            Sistem informasi merupakan bagian dari urutan kegiatan menambah bilai untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan informasi dengan tujuan meningkatkan proses pengambilan keputusan, m eningkatkan kinerja perusahaan, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas perusahaan. Teknologi informasi tidak dapat memberikan nilai ini jika tidak diikuti dengan perubahan dalam organisasi dan manajemen yang disebut sebagai asset komplementer. Aset-aset komplementer ini termasuk model bisnis terbaru, proses bisnis baru, budaya organisasi yang menunjang, insentif atas dukungan manajemen dan inovasi, pelatihan, dan aset social seperti standar, hukum dan peraturan, dan infrastruktur telekomunikasi. Perusahaan yang melakukan investasi dengan tepat pada asset-aset komplementer ini yang biasa disebut juga dengan capital manajemen dan organisasi, menerima pengembalian yang superior atas investasi teknologi infromasi mereka.
E.      Mengidentifikasi dan menjelaskan pendekatan-pendekatan kontemporer dalam mempelajari sistem informasi danmembedakan antara keahlian dalam bidang komputer dan keahlian sistem informasi.
            Studi sistem informasi berurusan dengan isu dan pendekatan yang dikontribusikan dari disiplin teknis dan perilaku. Disiplin ilmu yang berkontribusi pada pendekatan teknis adalah ilmu komputer, metode kuatitatif, dan riset operasi. Disiplin ilmu yang berkontribusi pada pendekatan perilaku adalah psikologi, sosiologi, dan ekonomi.
            Keahlian sistem informasi membutuhkan pemahaman aspek organisasi dan manajemen atas sistem informasi. Begitu juga aspek teknis yang ditujukan bagi keahlian komputer. Keahlian sistem informasi mengambil baik pendekatan teknis dan perilaku untuk mempelajari sistem informasi. Bidang sistem informasi menciptakan keahlian sistem informasi dengan mengombinasikan semua disiplin ini dengan orientasi praktik dalam solusi pengembangan sistem atas permasalahan dunia nyata dan pengelolaan sumber daya teknologi informasi.

Pertanyaan Bab 1
1.     Jelaskan 3 cara di mana sistem informasi dapat mengubah bisnis!
2.     Jelaskan bagaimana kualitas dan perusahaan digital dan mengapa perusahaan digital sangat kuat saat ini?
3.     Sebutkan dan jelaskan enam alasan mengapa sistem informasi sangat penting bagi bisnis saat ini?
4.     Apa yang dimaksud dengan sistem informasi? Kegiatan – kegiatan apa yang dilakukan oleh sistem informasi?
5.     Apa perbedaan antara data dan informasi?
6.     Apa yang dimaksud dengan keahlian sistem informasi? Apa perbedaan nya dengan keahlian komputer?
7.     Buat daftar dan jelaskan dimensi organisasi, manajemen, dan teknologi dari sistem informasi
8.     Apa yang dimaksud dengan internet dan World Wide Web? Bagaimana cara keduanya mengubah peran yang dijalankan oleh sistem informasi dalam organisasi?
9.     Apa tujuan dari sistem informasi dari perspektif bisnis? Peranan apa yang dijalankannya dalam rantai nilai informasi bisinis?
10. Mengapa beberapa perusahaan bisa bisa mendapatkan nilai yang lebih dari sistem informasinya dibanding dengan perusahaan lainnya? Apa peran aset – aset komplementer dan modal manajemen dan orgnisasi?
11. Jelaskan perbedaan antara pendekatan perilaku dan teknis terhadap sistem informasi dalam hal pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan. Disiplin ilmu apa yang berkontribusi terhadap pemahaman atas sistem informasi?

Jawaban
1.      Tiga cara sistem informasi dapat mengubah bisnis :
·        Dengan sistem informasi dalam pengiriman barang bisa lebih cepat, contoh nya dalam kasus TIKI,DHL.
·        Dengan sistem informasi kita tidak lagi memasang iklan pada baliho, kita sudah bisa pasang pada iklan internet yang akan di lihat oleh jutaan orang.
·        Dengan sistem informasi yang canggih kita dapat memberikan layanan iklan dalam internet atau sistem online.

2.     Perusahaan digital adalah perusahaan yang memiliki hubungan penting terhadap pelanggan, pemasok, dan karyawan. Perusahaan digital sangat kuat saat ini karena mereka lebih tanggap atas lingkungannya lebih cepat ketimbang perusahaan tradisional. Selain itu perusahaan digital lebih fleksible dalam mengatur tempat dan waktu karena pada perusahaan pada digital merupakan suatu norma dalam perusahaan digital, setiap informasi yang dibutuhkan untuk menunjang keputusan bisnis utama tersedia setiap saat dan dimana saja.

3.      6 alasan mengapa sistem informasi sangat penting bagi bisnis saat ini :
·         Menghindari kesalahan pada proses perhitungan
·        Akurat : keakuratan sangat di butuhkan untuk manajer dalam mengambil keputusan
·         Actual : terbaru dan terpercaya
·         Hemat waktu : tidak membutuhkan waktu yang lama
·         Hemat biaya : Tidak membutuhkan biaya utk memperoleh data
·         Menghindari resiko kebocoran data

4.      Apa yang dimaksud dengan sistem informasi :
·        SIM adalah sekumpulan kompenen yang saling berhubungan, mengumpulkan atau mendapatkan, memproses, meyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi dan membantu manajer menganilisis permasalahan.

Kegiatan dalam sistem informasi :
·        Input adalah merekam /mengumpulkan data mentah dari dalam atau luar organisasi.
·        Proses adalah mengubah data input mentah menjadi bentuk yang berarti.
·        Output adalah mengirimkan informasi yang telah diproses ke orang-orang yang menggunakan informasi.

5.      Perbedaan antara data dan informasi :
Data :
·        Data diperoleh dari media – media. Contohnya ; majalah, Koran, internet, televisi.
·        Data terdiri dari kumpulan – kumpulan informasi.
·        Data dapat diperoleh dari penelitian dan perhitungan. Contohnya ; data jumlah beruang di kebun binatang.

Informasi:
·         Informasi memiliki 2 jenis :
 Tulisan :contoh majalah,surat kabar,bulletin.
  Lisan    :contoh komunikasi 2 arah.
·        Informasi adalah ide pokok pikiran yang bisa di beritakan dan untuk mengambil keputusan.

6.      Keahlian sistem informasi memiliki pemahaman yang lebih luas, termasuk pemahaman aspek manajemen dan organisasi dari sistem informasi. Sedangkan keahlian komputer adalah keahlian kita dalam pengetahuan dari teknologi informasi.

7.      Daftar dan jelaskan
·       Dimensi organisasi melibatkan hirarki organisasi, keahlian fungsional, proses bisnis, budaya, dan politis. Daftar yang termasuk dalam dimensi organisasi adalah : “Manajemen Tingkat Senior, manajemen tingkat menengah, manajemen tingkat operasional.”
·       Dimensi manajemen meliputi kepemimpinan, strategi dan perilaku manajemen.
·    Dimensi teknologi terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak komputer, teknologi manajemen data dan teknologi jaringan / telekomunikasi (termasuk internet)

8.      Yang dimaksud dengan internet dan World WideWeb adalah :
·        Internet : adalah jaringan internal corporate berbasiskan teknologi.
·        World Wide Web : merupakan jasa yang diberikan internet yang menggunakan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, mebentuk dan menampilkan informasi dalam halaman internet.
Cara keduanya mengubah peran yang dijalankan informasi adalah agar mempercepat arus informasi kepada pelanggan yang mengakses jaringan tesebut.

9.      Tujuan dan Peranan
·        Tujuan dari perspektif bisnis adalah untuk membuat sistem informasi mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarkan informasi dari lingkungan, organisasi, dan operasi internal untuk menunjang fungsi organisasi dan mengambil keputusan, komunikasi, koordinasi, pengawasanm analisis, penggambaran.
·        Peranannya adalah mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna melalui 3 kegiatan dasar, yaitu input proses output. Peranan lain dari perspektif bisnis adalah member solusi atas permasalahan atau tantangan yang dihadapi oleh perusahaan.

10.   Karena  perusahaan yang memakai /menggunakan system informasi, lebih mudah dalam    mendapatkan informasi yang akurat, cepat dan actual
·        Peran aset-aset komplementer dan modal manajemen dan organisasi adalah : sIstem informasi merupakan bagian dari urutan kegiatan menambah nilai untuk mendapatkan mengubah dan mendistribusikan informasi dengan tujuan meningkatkan proses keputusan yang akhirnya meningkatkan profitabilitas perusahaan.
·        Peran modal, manajemen dan organisasi tidak dapat memberikan nilai, jika tidak  diikuti oleh manajemenyang baik.

11.  Perbedaan :
·        Pendekatan perilaku adalah lebih berkonsentrasi pada perubahan tingkah laku, kebijakan manajemen dan organisasi serta perilaku. Pendekatan ini sebenarnya tidak mengabaikan teknologi, teknologi sistem informasi sering menjadi penyebab bagi permasalahan atau isu perilaku. Tetapi fokus dari pendekatan ini umumnya bukan pada solusi teknisnya. Pendekatan teknis adalah penekanan terhadap model matematika untuk mempelajari sistem informasi, serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan format dari sistem tersebut.
·        Disiplin ilmu berkontribusi dalam pendekatan perilaku adalah berkenaan pada metode dan konsep penting. Sedangkan disiplin ilmu yang berkontribusi dalam pendekatan teknis adalah ilmu komputer, metode kuantitatif dan riset operasi.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar